Selasa, 02 Maret 2010

Diposting oleh alom_doank


Volvo mengadakan uji coba awal mobil Volvo S60 yang dilengkapi dengan kombinasi sensor canggih mulai dari kamera dan laser di Gothenburg, Jerman. Dalam uji coba relawan diminta mengemudikan mobil buatan Swedia, ketika kendaraan sedang melaju dengan kecepatan sedang, tiba-tiba seorang anak berumur lima tahun tanpa diduga melintas didepan mobil. Seketika mobil berhenti mendadak dengan jarak sekitar 10 meter, padahal relawan tersebut mengaku tidak menginjak pedal rem, namun pedal gas karena panik. Ia bahkan tidak mengetahui akan menghadapi skenario seperti itu.

Peneliti Volvo Jonas Ekmark sebagaimana dirilis Telegraph, Selasa (6/4), pengemudi yang menggunakan mobil berteknologi "Sistem Volvo" ini seperti mengemudikan mobil dengan "pendamping". Sensor-sensor kontrol kendali adaptif, yang dapat mengubah kecepatan mobil serta menjaga jarak aman dari kendaraan di depan akan mengambilalih fungsi pengemudi secara otomatis. Selain itu juga memiliki sistem parkir semi otomatis.

Ekmark menambahkan saat ini dunia memasuki era kendaraan yang juga akan mengumpulkan informasi terkini baik cuaca maupun jalan raya berbahaya. Sehingga dengan menggunakan teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengurangi stres pengemudi, dan aman bagi semua pengguna jalan lain. Bahkan Ekmark mengklaim kedepan pengemudi dapat menghindari segala jenis pelanggaran lalu lintas.

Sementara Alan Taub, wakil presiden General Motors, merencanakan mobil Volvo S60 canggih ini dapat direalisasikan mulai tahun 2015, dan mobil yang sepenuhnya mengambil alih fungsi pada tahun 2020. Namun sayangnya, Alan tidak merinci lebih lanjut berapa harga pasti S60 yang akan diluncurkan model aslinya Mei nanti.

0 komentar:

Posting Komentar